SELAMAT DATANG .....

Jumat, 11 Februari 2011

Obat Cangkrang alias Cacar Air

Biasanya kalo lagi kena sakit cacar air alias cangkrangen (=bhs jawa) kita pasti dilarang kena air alias ga boleh mandi. Duluuuu sekali...saking lamanya.....waktu masih SD aku juga kena cangkrangen...mana mau EBTANAS...... Demi ujian akhirnya "berusaha" patuh ga boleh garuk-garuk (padahal gatel bgt) ga boleh kena angin (brarti ga boleh keluar rumah) dan ga boleh kena air alias mandi. Untungnya...(wong Jowo bgt ya...sakit aja masih untung hehehe)...waktu itu simbah putri tetangga sebelah sedang berkunjung (momong putu) namanya Mbah Singgih. jadilah aku bisa menyegarkan badanku alias mandi dengan memakai resep trasisional yang tidak hanya bikin badan jadi seger tapi juga bikin si cacar air cepet kering serta tidak berbekas dan brarti juga cepet sembuh.....
Ini nih resepnya.......Daun Jambu Kluthuk/Jambu Biji kira-kira 2 genggam pakai yang tua aja ga papa direbus dengan air sampai panas , sampai mendidih juga boleh. Air rebusan daun jambu ini di campur air dingin hingga hangat (sehangat apa terserah yg mau mandi) dipakai buat mandi dengan ditambah garam (ga usah banyak-banyak ya...) daun jambunya jangan di sertakan buat mandi. Daun jambunya jangan dulu dibuang sebab bisa direbus sekali lagi untuk mandi berikutnya.
Resep ini bisa dipakai untuk segala usia.......Insyaallah cacar akan cepet kering ga sampai satu minggu dah kering, tapi jangan lupa obat dari dokter tetep di minum sebab resep ini kan hanya untuk pengobatan dari luar aja.
Selamat mencoba dan Semoga Cepat Sembuh...

7 komentar:

  1. thanks infonya. membantu sekali, temenq lg kena cacar air juga...

    BalasHapus
  2. wah, makasih banget yah. lagi nyari2 info tentang cangkrang.

    BalasHapus
  3. anak saya juga sedang cangkrangen nih mbak,, trims tips nya

    BalasHapus
  4. 2 genggam itu kira2 berapa lembar yah makasih. bw thx infonya aku lagi kena cacar air ni

    BalasHapus